Home » , , » Tips Cara Memilih Nama Domain Untuk Web atau Blog Anda

Tips Cara Memilih Nama Domain Untuk Web atau Blog Anda

Seringkali saat akan membuat website atau blog kita dipusingkan dengan urusan nama doman atau domain name. Ini terjadi karena begitu banyaknya alternatif nama domain yang bisa kita pakai. Ibarat kita mau beli baju di kios kecil yang jumlahnya hanya sedikit tentu akan mempermudah pemilihan, dibandingkan memilih baju di mall yang jumlahnya sangat banyak, belum urusan model baju, warna baju, hingga aksesorisnya, yang ke semuanya itu kelihatan bagus-bagus makin pusing deh he.he.. Mengapa sampai begitu bingungnya.. yahh.. karena domain adalah satu-satunya identitas web atau blog yang kita bangun. 

Cara Memilih Nama Domain

Mengapa Memilih Nama Domain Begitu Penting

Selain sebagai identitas, domain juga berfungsi untuk mempresentasikan isi suatu web itu sendiri, bahkan juga bisa mempresentasikan suatu bisnis atau brand image, misalanya saja seperti web company profile atupun web toko online kita.

Dengan pemilihan nama domain yang tepat maka tujuan kita membangun web atau blog semakin mendekati sasaran. Selain itu salah satu faktor yang cukup penting adalah menyangkut SEO . Dengan domain name yang tepat maka web kita akan mudah terindex search engine. Jadi lebih singkatnya masalah nama domain adalah sebagai berikut :
  • nama domain dan ekstensinya harus merepresentasikan situs / website / blog
  • untuk target audience  gunakan ekstensi .com atau TLD internasional lainnya
  • untuk target audience / pengunjung atau target market spesifik dari Indonesia, gunakan ekstensi TLD Indonesia (.id atau .co.id)
  • terdapat spesifik TDL / ekstensi yang bisa digunakan seperti : .net, .org, .edu, .or.id, .ac.id, dll

Berikut beberapa Tips Cara Memilih Nama Domain


1. Buatlah yang Mudah diingat dan diketik
Mencari nama domain yang mudah untuk diketik sangat penting untuk mencapai kesuksesan secara online. Jika Anda menggunakan bahasa gaul (u bukan you) atau kata-kata dengan beberapa ejaan (express vs xpress), mungkin akan lebih sulit bagi pelanggan untuk menemukan situs Anda.

2. Pilih Nama yang Pendek
Jika nama domain Anda panjang dan rumit, maka akan sulit diingat, apalagi ditambahkan karakter angka, hal ini cukup beresiko bagi pelanggan untuk salah ketik atau salah mengeja. Jadi silahkan usahakan sependek mungkin

3 . Gunakan Kata Kunci atau keyword
Coba gunakan kata kunci atau keyword yang dapat menjelaskan bisnis dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh,  jika Anda seorang bisnis cuci mobil, Anda mungkin bisa daftarkan cucimobil.com atau carwash.com. Sertakan kata kunci yang dapat dimasukkan ketika orang mencari produk atau jasa Anda. Karena cara ini dapat meningkatkan peringkat Anda di search engine (meningkatkan traffic) dan lebih masuk akal bagi pelanggan. Namun bila itu tidak tersedia anda masih bisa mengkombinasikannnya, misalnya saja dengan menambah strip atau satu suku kata, misalnya cuci-mobil.com atau cucimobilbersih.com

4. Targetkan Daerah Anda
Jika bisnis usaha Anda adalah lokal entah itu bisnis penjualan ataupun bisnis jasa, maka pertimbangkanlah nama kota, propinsi, atau negara yang masuk dalam nama domain Anda. Hal ini untuk mempermudah pelanggan lokal menemukan dan mengingat domain Anda. Contoh: BajuMurahTokyo.com.

5. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Hubung
Angka dan tanda hubung sering disalah pahami. Karena orang yang mendengar alamat website Anda tidak tahu apakah Anda menggunakan angka (5) atau itu terbilang (lima) atau mereka salah atau lupa tanda hubung. Jika Anda membutuhkan ini di domain, maka daftarkan dengan variasi yang berbeda agar lebih aman.

6. Jadilah Memorable
Ada jutaan nama domain terdaftar, sehingga memiliki domain yang catchy dan mudah diingat adalah penting. Setelah Anda menemukan sebuah nama untuk domain, berbagilah dengan teman-teman dekat untuk memastikan kedengarannya menarik dan masuk akal bagi orang lain.

7. Teliti Terlebih Dahulu
Pastikan nama domain yang dipilih tidak bermerek dagang, hak cipta atau digunakan oleh perusahaan lain. Ini bisa menimbulkan kekacauan hukum yang besar  hingga menghabiskan biaya  banyak

8. Gunakan Nama Domain Tepat Guna Ekstensi
Ekstensi adalah akhiran, seperti COM atau NET, pada akhir alamat Web. Ini memiliki kegunaan tertentu, jadi pastikan untuk memilih satu yang bekerja untuk bisnis Anda. COM jauh lebih populer, tapi di sini ada beberapa ekstensi top lainnya dan sering digunakan:
.co: singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan masyarakat
.info: situs informasi
.Net: teknis, situs infrastruktur Internet
.Org: organisasi non-komersial dan non-profit
.Biz: bisnis atau komersial, seperti situs e-commerce
.me: blog, resume atau situs pribadi


9. Lindungi dan Bangun Merek Anda
Untuk melindungi merek, Anda harus membeli berbagai ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda. Hal ini untuk mencegah pesaing mendaftarkan versi lain dan memastikan pelanggan Anda diarahkan ke situs web Anda, bahkan jika mereka salah ketik.

10. Bertindak Cepat
Nama domain cepat laku, untungnya juga murah, jadi daftarkan sesegera mungkin. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan nama yang tersedia, daftarkan domain ke jasa domain seperti IDwebhost sebagai alternatif selagi Anda mencari nama domain yang sempurna.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Cara Memilih Nama Domain Untuk Web atau Blog Anda semoga bisa membantu anda dalam menentukan nama domain yang ingin dipakai. Kami sebagai penyedia Jasa Web Malang siapkan membantu anda menentukan domain name yang tepat bila akan membuat website.


0 komentar:

Posting Komentar